Rangkuman Perjalanan Buku Anak dan Balita Mizan Publishing Group

DAR! Mizan (Divisi Anak dan Remaja) dibentuk pada 1992 di bawah Mizan Pustaka untuk menciptakan produk berkualitas untuk anak dan remaja di Indonesia. Pada 1997, DAR! Mizan menerbitkan seri komik Sejarah Nabi Muhammad (jilid 1-2), yang mungkin merupakan produk komik pertama di Indonesia yang terbit di Indonesia sebagai referensi sejarah bagi pembaca, terutama anak-anak usia sekolah dasar. DAR! Mizan juga menerbitkan Seri Cerita Balita (SCB) pada 1998 yang mengaplikasikan pengembangan EQ untuk anak-anak. Sampai saat ini, SCB menjadi salah satu produk bestseller DAR! Mizan.

DAR! Mizan pernah menerbitkan novel komik (nomik) pertama di Indonesia, dengan judul Olin. Selain itu, DAR! Mizan juga berkolaborasi dengan penulis ternama di genre fiksi remaja islami, yaitu Helvy T. Rosa, Asma Nadia, Gola Gong, dan lain-lain. Dari sisi kualitas, produk-produk DAR! Mizan meraih berbagai penghargaan; mulai dari kategori penulis, illustrator, dan desain cover. Beberapa penghargaan tersebut di antaranya:

•Islamic Book Award, Buku Islam Kategori Non Fiksi Anak, untuk judul Keluarga yang Diberkahi yang ditulis oleh Fuad Abdurrahman (2017).

•Pada 2022, penghargaan kembali diraih DAR! Mizan untuk buku Dialog Dua Layar; Asma Nadia sebagai Penulis Terbaik ke-3 kategori remaja. Buku lain yang mendapat penghargaan dalam kategori anak, yaitu seri Dongeng Islami; Islamnya Mush’ab karya pendongeng terkenal Kak Kusumo, untuk kategori Ilustrasi dan Cover Terbaik ke-2.

•Pada 2003, penghargaan diraih oleh desainer cover Andi Yudha A. untuk buku-buku seri Cerita Balita; Aku Suka Olahraga, karya Eka Wardhana dan Meol’s (Desain Cover Terbaik ke-3 Kategori Buku Anak), Menggapai Kasih-Mu; Pipiet Senja (Desain Cover Terbaik ke-1 Kategori Buku), dan Sketsa Putih; Jazimah Al-Muhyi (Desain Cover Terbaik ke-2 Kategori Buku Remaja).

•Penghargaan Adikarya IKAPI, tujuh penghargaan dari tiga kategori berhasil diraih DAR! Mizan. Karya-karya tersebut adalah Rembulan di Mata Ibu; Asma Nadia (Buku Remaja Terbaik ke-1, Pengarang Buku Remaja Terbaik ke-2, dan Ilustrasi Terbaik ke-1), Serenada Biru Dinda; Asma Nadia (Pewajah Buku Terbaik ke-2), novel komik Olin; Pilihan Terakhir (Ilustrator Buku Remaja Terbaik ke-2 dan Desain Buku Remaja Terbaik ke-3), dan buku anak seri Cerita Pesantren; Menginsyafkan Pembunuh (Desain Buku Anak Terbaik) (2001).

•Karya Terpuji Adikarya IKAPI, untuk buku seri Cerita Balita; Aku Bisa Memakai Baju Sendiri dan Karya Terbaik Adikarya IKAPI, untuk buku Dongeng Sebelum Tidur; Rahasia Amal Saleh (1999).

•Karya Terpuji Adikarya IKAPI, untuk buku Dongeng Sebelum Tidur: Kisah Setetes Air yang ditulis oleh Eka Wardhana (1998).